MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI DIRECTED READING ACTIVITY (DRA) DI KELAS IV SD NEGERI 023903 BINJAI T.A.2015/2016

Sitompul, Wanda Aprilin (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI DIRECTED READING ACTIVITY (DRA) DI KELAS IV SD NEGERI 023903 BINJAI T.A.2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 1123111098 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 1123111098 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 1123111098 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 1123111098 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 1123111098 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 1123111098 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 1123111098 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 1123111098 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 1123111098 BAB I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1123111098 BAB V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1123111098 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SD Negeri 023903 Binjai dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 20 siswa terdiri atas 6 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki, sedangkan objeknya adalah meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan strategi DRA pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun alasan peneliti melakukan penelitian ini adalah setelah melakukan observasi diperoleh hasilnya bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia masih rendah, hal ini dikarenakan guru dalam mengajarkan materi pembelajaran membaca pemahaman masih menggunakan cara yang monoton. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan belajar. Pada setiap siklus, peneliti memberikan pembelajaran menggunakan strategi DRA. Peneliti memberikan post test pada akhir pembelajaran siklus I. Pada siklus I belum berhasil maka peneliti pun melanjutkan penelitian ke siklus II. Pada siklus II, peneliti tetap menggunakan strategi DRA. Sebelum dilakukan tindakan, peneliti melakukan tes untuk melihat sejauh mana kemampuan membaca pemahaman siswa terhadap teks bacaan. Diperoleh data sebagai berikut: Dari 20 siswa terdapat 4 siswa berkemampuan membaca pemahaman dengan persentase 20% dan yang tidak berkemampuan membaca sebanyak 16 siswa dengan persentase 80%. Dengan kategori sangat mampu tidak ada, mampu 4 orang dengan persentase 20%, cukup mampu 10 orang dengan persentase 50%, kurang mampu 6 orang dengan persentase 30%. Nilai rata-rata siswa sebelum dilakukan tindakan yaitu 51. Sehingga hal ini belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu peneliti melakukan tindakan siklus I. Dari hasil siklus I terdapat 11 siswa berkemampuan membaca pemahaman dengan persentase 55% dan yang tidak berkemampuan membaca sebanyak 9 siswa dengan persentase 45%. Dengan kategori sangat mampu 4 orang dengan persentase 20%, mampu 7 orang dengan persentase 35%, cukup mampu 8 orang dengan persentase 40%, dan siswa kurang mampu 1 orang dengan persentase 5%. Rata-rata nilai siswa setelah dilakukan tindakan sebesar 67,8 meningkat dari data pada pratindakan. Hasil analisis tersebut juga belum mencapai hasil yang diharapkan, maka peneliti melanjutkan tindakan ke siklus II. Terdapat 18 siswa berkemampuan membaca pemahaman dengan persentase 90% sedangkan yang tidak berkemampuan membaca pemahaman sebanyak 2 orang dengan persentase 10%. Dengan kategori sangat mampu 15 orang dengan persentase 75%, mampu 3 orang dengan persentase 15%, cukup mampu 2 orang dengan persentase 10%, dan kurang terampil tidak ada. Setelah dilakukan tindakan diperoleh rata-rata siklus II meningkat sebesar 83,8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi DRA dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 023903 Binjai. Namun demikian peneliti belum mengajarkan secara keseluruhan strategi DRA, sehingga diharapkan untuk peneliti lain dapat melanjutkan strategi pembelajaran tersebut secara lengkap dan objektif, karena strategi DRA dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Eva Betty196110261987032001
Call Number: SK-2016 PGSD 144
Keywords: membaca; DRA; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2016 02:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6654

Actions (login required)

View Item View Item