MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE TWO STAY TWO STRAY DI KLEAS V SD NEGERI 106812 BANDAR KLIPPA

nasution, fauziah (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE TWO STAY TWO STRAY DI KLEAS V SD NEGERI 106812 BANDAR KLIPPA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 1124411001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 1124411001 COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 1124411001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 1124411001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 1124411001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 1124411001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 1124411001 PREPACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 1124411001 PREPACE.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 1124411001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 1124411001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 1124411001 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 1124411001 TABLES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 1124411001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 1124411001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 1124411001 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 1124411001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 1124411001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 1124411001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 1124411001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 1124411001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 1124411001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 1124411001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dengan yang tidak menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran IPS materi Kerajaan Islam Di Indonesia di kelas V. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Kerajaan Islam Di Indonesia pada siswa kelas V SDN 106812 Bandar Klippa T.A 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 32 orang siswa yang berasal dari siswa kelas V pada tahun ajaran 2014/2015, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran IPS berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.
Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 6 orang (18,75%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dan yang tidak mencapai tingkat ketuntasan yaitu 26 orang (81,25%) dengan nilai rata-rata 25,56. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 19 orang siswa (59,37%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dan yang tidak mencapai tingkat ketuntasan belajar yaitu 13 orang siswa (40,62%) dengan nilai rata-rata 64,46. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 30 orang siswa (93,75%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dan yang tidak mencapai tingkat ketuntasan belajar yaitu 2 orang siswa (6,25%) dengan nilai rata-rata 82,06.
Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 106812 Bandar Klippa pada pelajaran IPS dalam materi Kerajaan Islam Di Indonesia. Dan disarankan kepada guru untuk menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dalam menyampaikan materi pada pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Cooperative ; Two Stay Two Stray
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:52
Last Modified: 20 Jul 2016 07:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6641

Actions (login required)

View Item
View Item