HUBUNGAN PEMBERIAN REINFORCEMENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 028227 BINJAI SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016,

Rebeca, Eka (2016) HUBUNGAN PEMBERIAN REINFORCEMENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 028227 BINJAI SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016,. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1123311024 COVER.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1123311024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1123311024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1123311024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1123311024 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1123311024 TOBE.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1123311024 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1123311024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 1123311024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1123311024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1123311024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa, rendahnya kemampuan guru dalam menciptakan kondisi belajar yang aktif, kurangnya pemberian reinforcement positif, dan guru cenderung mengulangi reinforcement pada kesalahan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara reinforcement dengan motivasi belajar siswa di SD Negeri 028227 Binjai Selatan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, dilakukan di SD Negeri 028227 Binjai Selatan Tahun Ajaran 2015/2016 dengan populasi sebanyak 98 orang dan sampel 98 orang ( = 0,05). Populasi diambil dari 3 kelas yaitu kelas IV, V, dan VI. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian adalah angket dari masing masing variabel dengan Skala Linkert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji koefisien korelasi product moment, dengan terlebih dahulu melakukan uji persyaratan seperti uji normalitas, homogenitas, dan linieritas. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran reinforcement pada kriteria sedang (mean = 26,1) dan motivasi belajar juga pada kriteria sedang ( mean = 42,47). Hasil analisis korelasi menunjukkan rxy = 0,221 sementara rtabel α = 0,05 (0,1986) dengan demikian dapat dikatakan terdapat hubungan positif antara reinforcement dengan motivasi belajar. Selanjutnya hasil uji t diperoleh 2,22 sedangkan t tabel dengan α = 0,05 diperoleh nilai ttabel = 1,98447. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi reinforcement maka semakin tinggi juga motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimaremare, Aman196107241987031002
Call Number: SK-2016 PGSD 038
Keywords: Motivasi belajar; Reinforcement
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6640

Actions (login required)

View Item View Item