MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS DENGAN PENDEKATAN CTL DI KELAS IV SDN 101824 DURIAN SIMBELANG T.A 2011/2012

Sembiring, Rajab Suranta (2012) MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS DENGAN PENDEKATAN CTL DI KELAS IV SDN 101824 DURIAN SIMBELANG T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071211920349 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920349 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920349 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920349 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920349 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920349 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920349 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920349 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920349 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920349 BAB I.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920349 BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920349 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920349 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas belajar siswa dalam pelajaran Sains di kelas IV pada materi pokok Sumber Daya Alam (SDA), sehingga penelitian dilakukan menggunakan pendekatan CTL guna meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran Sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas belajar siswa pada pelajaran Sains dalam materi pokok Sumber Daya Alam (SDA). Sehingga penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan CTL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 101824 Durian Simbelang kecamatan Pancur Batu dengan subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 31 orang. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model pembelajaran pendekatan CTL dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada materi pokok Sumber Daya Alam (SDA). Penentuan subjek penelitian ini berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang diteliti dan berdasarkan pengamatan peneliti dan guru kelas. Pelaksanaan PTK dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan (observasi). Dari observasi yang dilakukan diperoleh hasil yang terus meningkat dari setiap siswa. Pada siklus I pertemuan 1 dengan persentase (26,87%) siklus I pertemuan 2 (33,32%), siklus II pertemuan 1 (54,29%) dan siklus II pertemuan II (91,4%). Berdasarkan hasil yang diperoleh dari 31 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukan tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan kreativitas belajar. Ini dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran pendekatan CTL dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran Sains materi pokok Sumber Daya Alam (SDA) di kelas IV SDN 101824 Durian Simbelang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
SculptorManalu, Effendi19600511198601002
Call Number: 372.2 Sem m
Keywords: Kreativitas Belajar; Sains; Pendekatan Contextual Teaching and Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6597

Actions (login required)

View Item View Item