PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHIN AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI KELAS IV SEMESTER II SDN NO. 101890 DALU X-A T.A 2011/2012

Rahayu, Dewi Sri (2012) PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHIN AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI KELAS IV SEMESTER II SDN NO. 101890 DALU X-A T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109811023 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811023 BAB I.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811023 BAB V.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam mengucapkan bahasa inggris dan merasa bosan selama proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah CTL dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris siswa di kelas IV SD 101890 Dalu X A Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 101890 Dalu XA ta 2011-2012. penelitian ini dilakukan selama dua siklus dengan empat tahapan : a. perencaanaan, b. Pelaksaanaan tindakan, c. observasi, d. refleksi. Intrumen penelitian menggunakan lembar penilaian tes lisan dengan menggunakan empat criteria dalam menilai keamampuan berbicara yaitu : Kosakata, pengucapan, kelancaran, dan ketepatan ekspresi dan menggunakan lembar observasi berupa daftar checklist. Pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang mampu berbicara Bahasa Inggris hanya memperoleh rerata 36,90, pada siklus I pertemuan II meningkat Mmenjadi 46,67, pada siklus II pertemuan I diperoleh rata-rata 64,90, kemudian meningkat kembali pada siklus II pertemuan II menjadi 84,70. Dengan demikian disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbicara Bahasa Inggris di kelas IV SD Negeri 101890 Dalu X-A Tanjung Morawa. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan pendekatan CTL dapat dijadikan seabagai alternatif dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris khususnya di SD 101890 Dalu X A. Penulis memberi saran agar guru menggunakan pendekatan CTL dalam pembelajaran sehingga siswa lebih seamangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimbolon, Naeklan195704251982032001
Call Number: 372.2 Rah p
Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning; Kemampuan Berbicara; Bahasa Inggris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6570

Actions (login required)

View Item View Item