MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PELAJARAN PKN POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI KELAS IV SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA. TAHUN AJARAN 2011/2012

Siregar, Utari Aprilla (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PELAJARAN PKN POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI KELAS IV SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA. TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313388 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313388 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313388 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313388 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313388 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313388 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313388 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313388 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313388 BAB I.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313388 BAB V.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313388 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 101765Bandar Setia, dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan siswa dalam memahami materi globalisasi dan upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No. 101765 Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang pada Tahun Ajaran 2011/2012. Dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang, yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Penentuan subjek diperoleh berdasarkan hasil pengamatan terhadap kelas yang akan diteliti dan berdasarkan hasil rujukan dari guru kelas. Objek penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pokok bahasan globalisasi dengan mengunakan strategi pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran, serta pemberian tes yaitu tes awal, pos tes siklus I dan pos tes siklus II.Hasil penelitian menunjukkan pada saat pre tes sebelum dilakukan tindakan diperoleh dari 29 orang siswa 3 siswa (10,34%) yang memenuhi ketuntasan belajar dan 26 siswa (89,66%) tidak memenuhi ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 51,37 , selanjutnya pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 61,72 , dengan tingkat belajar siswa dari 29 orang siswa sebanyak 13 siswa (44,83%) yang memenuhi ketuntasan belajar dan 16 siswa (55,17%) tidak memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 75,86 dengan tingkat belajar siswa dari 29 orang siswa sebanyak 26 siswa (89,66%) yang memenuhi ketuntasan belajar dan 3 siswa (10,34%) tidak tuntas. Jadi dapat dikataan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat sebesar 89,66%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pokok bahasan globalisasi di kelas IV SD Negeri No.101765 Bandar Setia. Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKamtini, 197012011997022001
Call Number: 372.2 Sir m
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Pembelajaran Berbasis Masalah; PKn; Globalisasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6550

Actions (login required)

View Item View Item