UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI NO 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

Yani, Erma (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI NO 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313092 COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313092 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313092 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313092 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313092 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313092 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313092 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313092 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313092 BAB I.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313092 BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313092 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA materi benda tenggelam dan terapung di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung T.A 2011/2012 . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA materi benda tenggelam dan terapung dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung T.A 2011/2012 . subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD N101767 Tembung yang berjumlah 37 orang. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Model ini adalah menempatkan siswa kedalam kelompok untuk berpikir secara analitis dan kreatif sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang diinginkan. Subyek dalam PTK ini adalah siswa kelas IVa SD Negeri 101767 Tembung.Hasil penelitian dari 37 orang siswa pada siklus I terjadi peningkatan dengan persentase yaitu 18,91% (7 orang) mencapai motivasi kategori tinggi, 51,3% (19 orang) mencapai motivasi kategori sedang, 29,7% (11 orang) mencapai kategori rendah dan pada siklus II kembali meningkat yakni 78,38% (29 orang) mencapai motivasi kategori tinggi, 16,21% (6 orang) mencapai motivasi kategori sedang, 5,4% (2 orang) mencapai motivasi kategori rendah. Dari hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorGinting, Masta195505251981032001
Call Number: 372.2 Yan u
Keywords: Motivasi Belajar; Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6541

Actions (login required)

View Item View Item