PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SAINS DI KELAS VC MIN MEDAN TA 2012/2013

Saparuddin, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SAINS DI KELAS VC MIN MEDAN TA 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313314 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313314 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313314 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313314 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313314 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313314 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313314 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313314 BAB I.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313314 BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313314 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan Model kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa pada materi pokok alat pencernaan pada manusia di kelas VC MIN Medan TA 2012/2013?. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada Materi Pokok Alat Pencernaan Pada Manusia di Kelas VC MIN Medan TA 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek seluruh siswa kelas VC sebanyak 30 orang siswa. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus yang terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan test hasil belajar. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa meningkat, bila tingkat ketuntasan klasikal sebesar > 70. Berdasarkan analisis data pada saat pretes dari 30 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 4 orang siswa 13% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 26 orang siswa 87% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 52,33. Pada siklus I terdapat terdapat sebanyak 18 orang siswa 60% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 12 orang siswa 40% mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata nilai rata-rata 67,33. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 28 orang siswa 93,3% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 2 orang siswa 6,7% yang tuntas dengan nilai rata-rata 87,3. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Alat pecernaan pada manusia di kelas VC MIN Medan Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorWau, Yasaratodo195901011986011002
Call Number: 372.2 Sap p
Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS; Hasil Belajar; Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6532

Actions (login required)

View Item View Item