MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DI KELAS V SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2011/ 2012

Sambas, Ervina (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DI KELAS V SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2011/ 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313094 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313094 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313094 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313094 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313094 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313094 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313094 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313094 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313094 BAB I.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313094 BAB V.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313094 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dengan tindakan menggunakan metode Problem Solving Penelitian ini dilaksanakan di SD N 106162 Medan Estate yang berlokasi di Jalan Pasar V Timur Medan Estate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I peneliti menerapkan metode Problem Solving. Hasil analisis data pada siklus I menunjukan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian dilanjutkan ke siklus II dengan menggunakan metode Problem Solving teknik pembinaan belajar berkelompok.Berdasarkan analisis data diketahui bahwa Pada siklus I menunjukan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar ( P = x 100 % = 50 %, ) dengan rata rata kelas 65,69 terjadi peningkatan sebesar 8,34 % dan pada siklus II menunjukan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar ( P = x 100 % = 80,55 %, ) dengan rata rata kelas 86,38 terjadi peningkatan sebesar 30,55 % . Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penerapan metode Problem Solving dengan teknik pembinaan belajar berkelompok pada pelajaran Matematika pada materi menjumlah dan mengurang pecaha di kelas V SD N 106162 Medan Estate Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Call Number: 372.2 Sam m
Keywords: Hasil Belajar; Matematika; Metode Problem Solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6513

Actions (login required)

View Item View Item