UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DI KELAS IV SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2011/2012

Panggabean, Dewi Sartika (2012) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DI KELAS IV SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313065 Cover.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313065 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313065 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313065 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313065 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313065 BAB I.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313065 BAB V.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan modelpemecahan masalah (problem solving) dapat meningkatkan kreativitasi belajar siswa pada matapelajaran IPA (sains) materi pokok sumber daya alam pada siswa kelas IV SD Neger i 101767Tembung Kec. Percut Sei Tuan T.A 2011/2012?”Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 101767 Tembung Kec. PercutSei Tuan T. A 2011/2012, yang berjumlah 24 orang siswa. Penentuan subjek berdasarkan hasilobservasi dan tes yang dilakukan peneliti terhadap guru kelas IV.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus, dimanasetiap siklus dilakukan 2x pertemuan yang masing-masing pertemuan 35 menit. Jadi dalam 2siklus ada 4x pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrument yang dilakukan dalam penelitian ini yaituberdasarkan hasil tes yang diberikan pada setiap siklus.Hasil penelitian menunjukkan dari 24 siswa pada siklus I pertemuan I terdapat 11 orangsiswa yang tergolong kreativitas belajar siswa rendah sekitar 45,8%. Pada siklus I pertemuan 2terdapat 10 siswa yang tergolong kreativitas belajar siswa rendah sekitar 41,6%. Pada siklus IIpertemuan 1 terdapat 12 orang golong siswa yang sedang sekitar 50%. Pada siklus II pertemuan2 terdapat 20 orang siswa yang tergolong kreativitas belajar siswa sangat baik sekitar 87,5%.Dari hasil yang diperoleh dar i 24 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukannyatindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Ini dapat disimpulkanbahwa dengan Model Pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) dapat meningkatkankreativitas belajar siswa pada pelajaran IPA materi pokok sumber daya alam di kelas IV SDN101767 Tembung Kec. Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnwar, Khairul1958807091985011001
Call Number: 372.2 Pan u
Keywords: Kreativitas Belajar; IPA; Pendekatan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6502

Actions (login required)

View Item View Item