MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI NO. 101774 SAMPALI T.A2011/2012

Ritonga, Uni Rinanda (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI NO. 101774 SAMPALI T.A2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108 313 385 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 313 385 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 313 385 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 313 385 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 313 385 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 313 385 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 313 385 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 313 385 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 313 385 BAB I.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 313 385 BAB V.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 313 385 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 101774 sampali, jenispenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan modelpembelajaran Think Pair Share sebagai sasaran utama bertujuan untukmeningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaranThink Pair Share pada materi kebebasan organisasi di kelas V SD Negeri No.101774 sampali .Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah denganmenggunakan media gambar pada pembelajaran PKN tentang kebebasanberorganisasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Neger i101774 Sampali?”. Jumlah Subjek Penelitian sebanyak 35 orang siswa yangberasal dar i siswa kelas V A pada tahun ajaran 2011/2012, dimana kegiatandilakukan saat pembelajaran PKN berlangsung.Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulismelakukan observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tugas denganpembelajaran model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasilbelajar siswa kelas V SD Neger i No. 101774 Sampali.Dari hasil temuan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil tesawal siswa masih memiliki tingkat ketuntasan belajar dibawah 80%, yaitu 24orang siswa (68,5%) yang belum tuntas yang memiliki tingkat ketuntasan belajardibawah 80% dan sebanyak 11 orang (31,4%) yang telah tuntas dalam belajardengan rata-rata kelas 57,7, sehingga baik secara individu maupun klasikalkemampuan awal siswa masih tergolong belum tuntas dalam belajar. Pada siklus Iterdapat 21 orang siswa (60%) yang belum tuntas yang memiliki tingkatketuntasan belajar dibawah 80% dan sebanyak 14 orang (40%) yang telah tuntasdalam belajar dengan rata-rata kelas 63,1 hasil observasi guru juga rendah dengannilai 2, begitu juga siswa rendah dengan nilai 2,16. Dengan demikian dapatdiketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi kebebasan organisasiberdasarkan tingkat keberhasilan secara klasikal masih tergolong belum berhasil.Pada siklus II sebanyak 31 orang siswa (88,5%) yang telah tuntas dalam belajardan terdapat 4 orang siswa (11,4%) yang belum tuntas dalam belajar dengan nilairata-rata kelas 87,1, dengan hasil observasi guru tinggi dengan nilai 2,91 dan siswa sangat tinggi dengan nilai 3,33. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi kebebasan berorganisasi telahmencapai ketuntasan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitorus, Ramli195502041979031001
Call Number: 372.2 Rit m
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Think Pair Share; PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6499

Actions (login required)

View Item View Item