MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN KARTU SOAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 101765 BANDAR SETIA T.A 2011/2012

Khairani, Siti (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN KARTU SOAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 101765 BANDAR SETIA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313329 COVER.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313329 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313329 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313329 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313329 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313329 TABEL.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313329 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313329 BAB I.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313329 BAB V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313329 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101765 Bandar Setia, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita pada mata pelajaran matematika kelas V SD. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 27 orang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan menggunakan metode bermain kartu soal dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 101765 Bandar Setia T.A 2011/2012.Pelaksanaan PTK dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, tes yang diberikan sebanyak 5 soal berbentuk essay test. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I dan siklus II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode bermain kartu soal untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan. Hasil penelitian menunjukkan pada saat pre tes sebelum dilakukan tindakan diperoleh data dari 27 orang siswa, 8 siswa (29,62%) yang memenuhi ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 50,1 dan 19 siswa (70,38%) tidak memenuhi ketuntasan belajar, selanjutnya pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 70 dengan tingkat belajar siswa dari 27 orang siswa sebesar 51,85% atau sebanyak 14 siswa yang memenuhi ketuntasan belajar dan 13 siswa (48,15%) tidak memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 84,2 dengan tingkat belajar siswa dari 30 orang siswa sebanyak 25 siswa yang memenuhi ketuntasan belajar dan 2 siswa (7,41%) tidak tuntas. Jadi dapat dikatakan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat sebesar 92,59%. Kemudian hasil observasi kemampuan mengajar guru pada siklus I diperoleh skor dengan persentase 67,5 %, dan meningkat menjadi 90 % pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain kartu soal dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia Tahun Ajaran 2011-2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Wesly195710281985031002
Call Number: 372.2 Kha m
Keywords: Metode Bermain kartu; Matematika; Kemampuan Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6487

Actions (login required)

View Item View Item