MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN SAMBIL BELAJAR (PERMAINAN MONOPOLI) PADA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN DI KELAS IV SDN 101765 BANDAR SETIA T.A 2011/2012

Nasution, Belladina (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN SAMBIL BELAJAR (PERMAINAN MONOPOLI) PADA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN DI KELAS IV SDN 101765 BANDAR SETIA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313041 COVER.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313041 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313041dAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313041 BAB I.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313041 BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Sebelum melakukan penelitian, peneliti melakukan observasi di kelas IV SDN No. 101765 Bandar Setia terhadap 10 orang siswa sebagai sampel. Dari observasi tersebut diperoleh hasil bahwa 80 % siswa tidak mempunyai motivasi belajar, 60 % siswa tidak dapat menjawab pertanyaan/soal dengan benar, 80 % siswa tidak paham dengan materi yang disampaikan, 30 % siswa tidak aktif dalam proses belajar mengajar, 50 % siswa tidak mengerti pertanyaan yang diajukan. Dengan demikian, masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa di kelas IV SDN No. 101765 Bandar Setia.Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah dengan menggunakan metode bermain sambil belajar (permainan monopoli) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan penggolongan hewan mata pelajaran IPA di kelas IV SDN No. 101765 Bandar Setia Tahun Ajaran 2011/2012. Pembatasan masalah pada penelitian ini adalah: Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode bermain sambil belajar (permainan monopoli) pada pokok bahasan penggolongan hewan mata pelajaran IPA di kelas IV SDN No. 101765 Bandar Setia Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode bermain sambil belajar (permainan monopoli) pada pokok bahasan penggolongan hewan mata pelajaran IPA di kelas IV SDN No. 101765 Bandar Setia dan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran.Hipotesis dalam penelitian ini adalah: Dengan menggunakan metode bermain sambil belajar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan penggolongan hewan mata pelajaran IPA di kelas IV SDN No. 101765 Bandar Setia tahun ajaran 2011/2012.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal, nilai rata-rata motivasi belajar siswa adalah 51,52. Pada siklus I nilai rata-rata motivasi belajar siswa naik yaitu 61,48, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata motivasi belajar siswa naik menjadi 79,4. secara klasikal, jumlah siswa yang meningkat motivasi belajarnya pada kondisi awal adalah 2 orang siswa (8 %), pada siklus I naik menjadi 5 orang siswa (20 %), sedangkan pada siklus II menningkat menjadi 22 orang siswa (88 %).Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain sambil belajar (permainan monopoli) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan penggolongan hewan di kelas IV SDN No. 101765 Bandar Setia tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Zuraida196302161987032001
Call Number: 372.2 Nas m
Keywords: Motivasi Belajar; Metode Bermain Sambil Belajar; SAINS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6479

Actions (login required)

View Item View Item