UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 101768 TEMBUNG TA 2011/2012

Siska, Bravita (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 101768 TEMBUNG TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313044 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313044 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313044 BAB I.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313044 BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswakhususnya pada materi masalah-masalah sosial di lingkungan setempat. SebagaiAlternatif tindakan yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode diskusi.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswadengan menggunakan metode diskusi pada materi masalah-masalah sosial dilingkungan setempat.Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklusdan 4 tahap yaitu dan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dan 1 siklus 2kali pertemuan. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkanhasil observasi sebelum dilakukan tindakan, Siklus I, Siklus II. Subjek dalam penelitianini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 30 orang siswa.Berdasarkan analisis data sebelum dilakukan tindakan ditemukan dari 30 orangsiswa tidak ditemukan siswa yang memiliki motivasi sangat rendah (0%), sebanyak 16orang siswa (53,54%) dengan motivasi belajar rendah, sebanyak 13 orang siswa(43,33%) dengan motivasi belajar tinggi dan sebanyak 1 orang siswa (3,33%) denganmotivasi sangat tinggi. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa sebelumdilakukan tindakan motivasi belajar siswa tergolong rendah dengan rata-rata 59,9. Padasiklus I tidak ditemukan siswa yang memiliki motivasi sangat rendah (0%), sebanyak 6orang siswa (20%), sebanyak 18 orang siswa (60%) dengan motivasi belajar yangtinggi, sebanyak 6 orang siswa (20%) dengan motivasi belajar tinggi dengan rata-rata68,1. Pada siklus II yang memiliki motivasi sangat rendah (0%), tidak ditemukan siswayang memiliki motivasi belajar rendah (0%), terdapat 20 orang siswa (66,67%), siswayang memiliki motivasi belajar tinggi dan sebanyak 20 orang siswa (33,33%) denganmotivasi belajar yang sangat dengan rata-rata 81,00.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajarsiswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode diskusi pada materi masalahmasalahsosial di lingkungan setempat kelas IV SD Negeri 101768 Tembung TahunAjaran 2011/2012. Oleh karenanya disarakan kepada guru hendaknya menggunakanmetode diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPSKhususnya pada materi pokok masalah-masalah social

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKamtini, 197012011997022001
Call Number: 372.2 Sis u
Keywords: Motivasi Belajar; Metode Diskusi;Pelajaran IPS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6470

Actions (login required)

View Item View Item