MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS ( THINK PAIR SHARE) PADA KELAS VI SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE T.A 2011 / 2012

Siregar, Tetty Andriani (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS ( THINK PAIR SHARE) PADA KELAS VI SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE T.A 2011 / 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313368 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313368 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313368 ABTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313368 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313368 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313368 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313368 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313368 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313368 BAB I.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313368 BAB V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313368 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Gerakan Bumi dan Bulan di Kelas VI SD Negeri 106162 Medan Estate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI B SD Negeri 106162 Medan Estate pada tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki- laki dan 19 siswa perempuan. Pelaksanaan Tindakan Kelas ( PTK ) dilakukan selama dua siklus. Pada setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan angket. Melalui hasil angket dapat diketahui motivasi belajar siswa pada kondisi awal menunjukkan bahwa skor motivasi belajar siswa yaitu pada kondisi awal diperoleh data bahwa dari 40 orang siswa yang memiliki tingkat motivasi rendah ada 22 orang siswa, yang mendapat tingkat motivasi sedang ada 12 orang siswa dan yang mendapat tingkat motivasi tinggi ada 6 orang siswa. Lalu mengalami peningkatan saat dilaksanakan siklus I. Dari hasil angket motivasi belajar siswa pada siklus I diperoleh data yang memiliki tingkat motivasi rendah ada 10 orang siswa, yang mendapat tingkat motivasi sedang ada 22 orang siswa dan yang mendapat tingkat motivasi tinggi ada 8 orang siswa. Dan semakin mengalami perubahan setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran pada siklus I. Pada siklus II diperoleh data yang memiliki tingkat motivasi rendah ada 1 orang siswa, yang mendapat tingkat motivasi sedang ada 2 orang siswa dan yang mendapat tingkat motivasi tinggi ada 37 orang siswa. Kesulitan – kesulitan yang dialami siswa masih kurang dalam mengemukakan pendapatnya, siswa lebih banyak diam dalam mengikuti pembelajaran dan siswa hanya sekedar tahu dengan materi yang diajarkan, sehingga siswa bosan dan tidak termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Setelah perbaikan tindakan siklus II diperoleh hasil motivasi meningkat menjadi 80,15 % dengan rata – rata angket 88,47 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA dengan materi Gerakan Bumi dan Bulan di kelas VI SD Negeri 106162 Medan Estate Tahun Ajaran 2011 / 2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Wesly195710281985032001
Call Number: 372.2 Sir m
Keywords: Motivasi Belajar; IPA; Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6467

Actions (login required)

View Item View Item