MENINGKATKAN HARGA DIRI SISWA DENGAN PENGAJARAN DISIPLIN DI KELAS V SD NEGERI NO. 104208 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2011 / 2012

Wati, Merdeka (2012) MENINGKATKAN HARGA DIRI SISWA DENGAN PENGAJARAN DISIPLIN DI KELAS V SD NEGERI NO. 104208 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2011 / 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313205 COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313205 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313205 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313205 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313205 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313205 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313205 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313205 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313205 BAB I.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313205 BAB V.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313205 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104208 Percut Sei Tuan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pengajaran disiplin dengan sasaran utama bertujuan untuk meningkatkan harga diri siswa di kelasV SD Negeri No. 104208 Percut Sei Tuan. Rumusan masalah penelitian adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan pengajaran disiplin dapat meningkatkan harga diri siswa di kelas V SD Negeri No. 104208 Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat meningkatnya harga diri siswa dalam proses belajar mengajar yang menggunakan pengajaran disiplin. Jumlah subjek penelitian sebanyak 30 orang yang berasal dari siswa kelas V SD Negeri No. 104208 Percut Sei Tuan pada tahun ajaran 2011 / 2012, dimana kegiatan dilakukan pada saat pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) berlangsung. Untuk memperoleh data dari lembar pengamatan bahwa siswa yang tuntas belajar sebelum siklus sebanyak 4 siswa (13,33%) yang tuntas pada siklus I sebnayak 18 siswa (67,66%) sedangkan yang tuntas pada siklus II sebnayak 28 siswa(93,33%). Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan rata rata dari 67,7% pada test siklus I menjadi 80,6 % pada tes siklus II. Dari 12 siswa (40%) yang mendapat tingkat penguasaan rendah pada test siklus I menjadi 2 siswa (6,6%) pada siklus II. Dari 10 siswa (33,33%) yang mendapat tingkat penguasaan sedang pada test I menjadi 6 siswa (20%) pada siklus II dari 8 siswa (67,6%) yang mendapat tingkat penguasaan tinggi menjadi 28 siswa(93,3%) pada silus II. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa pemberian tugas dengan pembelajaran yang menggunakan pengajaran disiplin dapat meningkatkan harga diri siswa kelas V SD Negeri 104208 Percut Sei tuan, dengan demikian dapat dikatakan bahwa hubungan pengajaran disiplin dengan meningkatnya harga diri siswa dapat kita lihat dari prestasi belajar siswa yang meningkat. Dari hasil temuan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu dengan menggunakan pengajaran disiplin dalam pembelajaran Pendidikan kewarnegaraan (Pkn) dapat meningkatkan harga diri siswa kelas V Sd Negeri No 104208 Percut Sei Tuan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Edward195208121976031003
Call Number: 372.2 Wat m
Keywords: Harga Diri;Pengajaran;Peran; Berfikir
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6425

Actions (login required)

View Item View Item