MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SD SWASTA GKPS JALAN MAPILINDO MEDAN T.A 2012/2013

Tampubolon, Lantika Yuliana (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SD SWASTA GKPS JALAN MAPILINDO MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108113039 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113039 BAB I.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113039 BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan selama penelitian, peneliti menemukan masalah- masalah yang terjadi selama proses belajar- mengajar berlangsung. Adapun masalah- masalah yang ditemukan yaitu: metode yang digunakan guru dalam pembelajaran IPA hanya menggunakan metode ceramah, kondisi lingkungan yang kurang kondusif, guru bertindak sebagai satu – satunya sumber belajar, dan siswa mengantuk dalam belajar IPA. Untuk itu yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini “ Apakah Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Quantum Teaching dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Tumbuhan Hijau di Kelas V SD Swasta GKPS Jalan Mapilindo Medan Tahun Ajaran 2012/2013”. Penelitian ini bertujuan untuk : “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Quantum Teaching pada Siswa Kelas V SD Swasta GKPS Jalan Mapilindo Medan T.A 2012/2013”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Swasta GKPS Jalan Mapilindo Medan yang berjumlah 24 siswa. Yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 14 siswa laki- laki Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan tumbuhan hijau di Kelas V SD Swasta GKPS Jalan Mapilindo Medan . Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada kondisi awal atau sebelum diberi tindakan terdapat 17 siswa (70,83%) yang belum tuntas belajar, 7 orang (29,17%) yang tuntas belajar dengan nilai rata – rata 43,75. Pada siklus I terdapat 8 siswa (33,33%) yang belum tuntas belajar, 16 siswa (66,67%) yang tuntas belajar dengan nilai rata – rata 73,33, dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu : 22 siswa (91,67%) yang tuntas belajar, 2 siswa ( 8,33%) yang belum tuntas belajar dengan nilai rata – rata 85,83. Maka, kesimpulannya adalah metode pembelajaran Quantum Teaching merupakan salah satu metode pembelajaran yang membuat siswa menjadi aktif dan mampu bekerja sama serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Saran bagi guru- guru supaya dapat menggunkan model pembelajaran ini pada pokok bahasan tumbuhan hijau, agar tercipta pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmayani, 196111111988032001
Call Number: 372.2 Tam m
Keywords: IPA;Belajar;Metode;Pembelajaran;Teaching
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6375

Actions (login required)

View Item View Item