PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN SELF EFFICACY DALAM BELAJAR SISWA KELAS VII SMP AL WASHLIYAH - 8 UNIVA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Angkat, Nurwulan (2013) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN SELF EFFICACY DALAM BELAJAR SISWA KELAS VII SMP AL WASHLIYAH - 8 UNIVA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109351031 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109351031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109351031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109351031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109351031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109351031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109351031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109351031 BAB I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109351031 BAB V.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109351031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan self efficacy dalam belajar siswa kelas VII3 di SMP Al Washliyah -8 UNIVA Medan T.A 2013/2014” ?. penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok untuk meningkatkan self efficacy dalam belajar siswa kelas VII3 SMP Al Washliyah -8 UNIVA Medan T.A2013/2014”. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan pertengahan Juni sampai dengan pertengahan Agustus 2013. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Al Washliyah -8 UNIVA Medan. Jalan SM.Raja Km 5,5 Medan.Populasi adalah keseluruhan siswa kelas VII3 yang berjumlah 46 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 10 siswa yang mempunyai self efficacy belajar rendah yang ditentukan secara purposive sampling (penarikan sampel secara sengaja) atau rekomendasi data dari guru BK (konselor). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket self efficacy belajar. Angket uji coba self efficacy belajar sebanyak 60 butir pertanyaan yang diberikan kepada seluruh siswa kelas VII3 yang berjumlah 46 siswa. Angket self efficacy yang valid sebanyak 34 butir pertanyaan yang akan diberikan kepada 10 siswa yang mendapatkan perlakuan (Bimbingan Kelompok). Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan self efficacy yang rendah dengan bimbingan kelompok diperoleh nilai rata-rata Pre-test = 97,9 dan Standard Deviasi (SD) = 5,78 sedangkan nilai rata-rata Post-test = 120,4 dan Standard Deviasi (SD) = 4,92 dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap self efficacy belajar siswa dapat mengubah self efficacy yang lebih baik. Dari hasil hipotesis dengan harga ttabel pada N-1 = N-10 pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh sebesar 1,37, maka thitung > ttabel = (10,61 > 1,37) tersebut dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak dapat dinyatakan bahwa “ Ada pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap peningkatan self efficacy belajar Siswa Kelas VII3 SMP Al Washliyah -8 UNIVA Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap self efficacy belajar siswa kelas VII3 SMP Al Washliyah -8 UNIVA Medan Tahun Ajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorZulhanini, 195508188 198003 2 001
Call Number: 371.404 7 Ang p
Keywords: Bimbingan kelompok; Mode kelompok; Teknik - teknik; Tahapan - tahapan; Self effcacy; Karakteristik individual.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6342

Actions (login required)

View Item View Item