MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS IV SISWA SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A 2011/2012

Candra, Fadhlin Ade (2012) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS IV SISWA SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313096 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313096 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313096 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313096 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313096 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313096 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313096 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313096 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313096 BAB I.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313096 BAB V.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313096 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu yang harus dikuasai oleh setiap siswa. Namun kenyataan menunjukkan rendahnya hasil belajar dan ketuntasan belajar matematika siswa. Proses pembelajaran matematika yang dilakukan guru cenderung menggunakan metode ceramah dan kurang melibatkan siswa aktif dalam belajar. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa pada sub materi operasi hitung bilangan bulat campuran di kelas IV SD Negeri 101766 Bandar Setia. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 101766 Bandar Setia tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar format observasi aktivitas belajar siswa dan kesesuaian tindakan yang dilakukan oleh peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan selama 2 bulan mulai Januari hingga Maret 2012. Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama siklus I sebesar 6,6 atau tergolong cukup dan sebanyak 9 orang (30%) siswa yang dinyatakan aktif dalam belajar. Pada pertemuan kedua siklus I diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa sebesar 8,1 atau juga tergolong cukup dan sebanyak 16 orang (53,3%) siswa yang dinyatakan aktif dalam belajar. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama mengalami peningkatan dibandingkan siklus I dengan rata-rata skor aktivitas sebesar 10,8 atau tergolong baik dan sebanyak 25 orang (83,3%) siswa yang dinyatakan aktif dalam belajar. Pada pertemuan kedua siklus II aktivitas belajar siswa kembali meningkat dengan rata-rata skor sebesar 12,1 atau tergolong baik dan sebanyak 29 orang (96,7%) siswa yang dinyatakan aktif dalam belajar. Kegiatan peneliti selama pertemuan pertama siklus I tergolong baik (80% indikator teramati). Pada pertemuan kedua siklus I kegiatan tergolong baik sekali (93,3% indikator teramati). Setelah dilakukan siklus II kegiatan peneliti pada pertemuan pertama dan kedua siklus II mengalami peningkatan dan tergolong baik sekali (100% indikator teramati) Berdasarkan hasil temuan penelitian selama 2 siklus dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika pada sub materi operasi hitung bilangan bulat campuran di kelas IV Siswa SD Negeri 101766 Bandar Setia. Sebagai tindak lanjut diharapkan kepada guru untuk dapat menggunakan metode role playing dalam upaya meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar matematika dan menghapus pandangan siswa bahwa pembelajaran matematika sulit atau membosankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanihuruk, Akden195612311988031008
Call Number: 372.2 Can m
Keywords: Metode Role Playing; Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6316

Actions (login required)

View Item View Item