PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS IVA SDN 106789 TANJUNG GUSTA MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Saragi, Ekaristina (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS IVA SDN 106789 TANJUNG GUSTA MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108 113 023 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 113 023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 113 023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 113 023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 113 023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 113 023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 113 023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 113 023 BAB I.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 113 023 BAB V.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 113 023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah kurangnya kreativitas belajar siswa pada pembelajaran sains pokok bahasan energi panas di kelas IVA SDN 106789 Tanjung Gusta Medan. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran sains pokok bahasan energi panas dengan menerapkan strategi pembelajaran contextual teaching and learning atau pembelajaran kontekstual di kelas IVA SD Negeri 106789 Tanjung Gusta. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas IVA SD N 106789 Tanjung Gusta yang berlokasi di jalan Pemasyarakatan Tanjung Gusta Sukadono Kabupaten Deli Serdang T.A 2011/2012, yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dan masing – masing pertemuan selama 35 menit. Jadi dalam 2 siklus ada 4 x pertemuan dan 140 menit. Dalam setiap siklus akan dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan observasi untuk mengukur tingkat kreativitas belajar siswa. Analisis data yang peroleh dari 30 sampel siswa menunjukkan bahwa skor kreativitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 ialah: terdapat 16 orang siswa (53,33%) yang belum kreatif dan 14 orang siswa (46,67%) yang sudah kreatif. Pada siklus I pertemuan 2 menunjukkan: terdapat 14 orang siswa (46,67%) yang belum kreatif dan 16 orang siswa (53,33%) yang sudah kreatif. Sedangkan pada siklus II pertemuan ketiga terdapat peningkatan yang signifikan, yang menunjukkan: terdapat 8 orang siswa (26,67%) yang belum kreatif dan 22 orang siswa (73,33%) yang sudah kreatif. Peningkatan juga terjadi diakhir siklus II pada pertemuan keempat yang menunjukkan: terdapat 4 orang siswa (13,33%) yang belum kreatif dan 26 orang siswa (86,67%) yang sudah kreatif. Dari hasil yang diperoleh dari 30 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan kreativitas belajar. Ini dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan Energi Panas Dan Penggunannya di Kelas IV A SD N 106789 Tanjung Gusta Kabupaten Deli Serdang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimbolon, Naeklan195704251982032001
Call Number: 372.2 Sar p
Keywords: Pembelajaran Contextual Teaching and Learning; Kreativitas Belajar; Pembelajaran Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6310

Actions (login required)

View Item View Item