KONSELING EKLEKTIK MELALUI MEDIA KREATIF DALAM MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA SMP NEGERI 17 MEDAN

Carolina, Eska Sri (2012) KONSELING EKLEKTIK MELALUI MEDIA KREATIF DALAM MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA SMP NEGERI 17 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108 121 013 COVER.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 121 013 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 121 013_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 121 013_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 121 013_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 121 013_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 121 013_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 121 013_BAB I.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 121 013_BAB V.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108 121 013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah self-esteem dapat ditingkatkan melalui konseling eklektik dengan menggunakan media kreatif pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Medan. Tujuannya adalah untuk mengetahui keefektifan konseling eklektik dengan media kreatif dalam meningkatkan self-esteem.Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-3 SMP Negeri 17 Medan yang memiliki self-esteem rendah. Sampel diambil dengan teknik purposive random sampling terhadap sejumlah siswa yang memiliki self-esteem rendah. Berdasarkan hasil aplikasi instrumentasi di peroleh besar sampel adalah 4 orang siswa yang memerlukan layanan konseling individu. Alat pengumpul data adalah angket dan analisis verbatim konseling dibandingkan dengan sebelum tindakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa self-esteem siswa meningkat. Berdasarkan hasil ini dapat dikemukakan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi: Konseling eklektik melalui media kreatif dapat meningkatkan self-esteem siswa SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 dapat diterima.Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah self-esteem dapat ditingkatkan melalui konseling eklektik dengan menggunakan media kreatif pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Medan. Tujuannya adalah untuk mengetahui keefektifan konseling eklektik dengan media kreatif dalam meningkatkan self-esteem.Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-3 SMP Negeri 17 Medan yang memiliki self-esteem rendah. Sampel diambil dengan teknik purposive random sampling terhadap sejumlah siswa yang memiliki self-esteem rendah. Berdasarkan hasil aplikasi instrumentasi di peroleh besar sampel adalah 4 orang siswa yang memerlukan layanan konseling individu. Alat pengumpul data adalah angket dan analisis verbatim konseling dibandingkan dengan sebelum tindakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa self-esteem siswa meningkat. Berdasarkan hasil ini dapat dikemukakan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi: Konseling eklektik melalui media kreatif dapat meningkatkan self-esteem siswa SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 dapat diterima.Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah self-esteem dapat ditingkatkan melalui konseling eklektik dengan menggunakan media kreatif pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Medan. Tujuannya adalah untuk mengetahui keefektifan konseling eklektik dengan media kreatif dalam meningkatkan self-esteem.Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-3 SMP Negeri 17 Medan yang memiliki self-esteem rendah. Sampel diambil dengan teknik purposive random sampling terhadap sejumlah siswa yang memiliki self-esteem rendah. Berdasarkan hasil aplikasi instrumentasi di peroleh besar sampel adalah 4 orang siswa yang memerlukan layanan konseling individu. Alat pengumpul data adalah angket dan analisis verbatim konseling dibandingkan dengan sebelum tindakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa self-esteem siswa meningkat. Berdasarkan hasil ini dapat dikemukakan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi: Konseling eklektik melalui media kreatif dapat meningkatkan self-esteem siswa SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDMilfayetty, Sri196212121986012001
Call Number: 370.15 Car k
Keywords: Self-esteem;Konseling eklektik;media kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6237

Actions (login required)

View Item View Item