MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS V-B SD NEGERI 064009 MEDAN MARELAN T.A 2015/2016.

Nasution, Nugraha (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS V-B SD NEGERI 064009 MEDAN MARELAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1123111062 COVER.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1123111062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1123111062 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1123111062 PREFACE.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1123111062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1123111062 TABLES.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1123111062 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1123111062 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1123111062 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1123111062 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1123111062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas V-B SD Negeri 064009 Medan Marelan yang disebabkan oleh pembelajaran hanya berpusat pada guru, siswa kurang dilibatkan selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, peneliti memberikan alternatif pemecah masalah yaitu dengan menggunakan model Discovery Learning. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas V-B SD Negeri 064009 Medan Marelan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dan setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini berjumlah 35 orang siswa yang berasal dari kelas V-B SD Negeri 064009 Medan Marelan pada tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi. Maka alat/instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari 35 siswa, secara klasikal persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 yaitu 22,86%, pada siklus I pertemuan 2 mencapai 42,86%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 menjadi 74,29% dan pada pertemuan 2 meningkat lagi menjadi 91,43%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas V-B SD Negeri 064009 Medan Marelan Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTamba, Robenhari19611125987031003
Call Number: SK-2016 PGSD 029
Keywords: Aktivitas Belajar;Model Discovery Learning; Matematika di SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Jul 2016 07:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6166

Actions (login required)

View Item View Item