PENINGKATAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PROBING PROMPTING LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2015/2016

Puspita, Switri Indah (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PROBING PROMPTING LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM 1123111093 COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM 1123111093 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM 1123111093 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 NIM 1123111093 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (838kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM 1123111093 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 NIM 1123111093 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM 1123111093 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 NIM 1123111093 PREFACE.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM 1123111093 TABLES OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 NIM 1123111093 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM 1123111093 TABLES.pdf]
Preview
Text
06 NIM 1123111093 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM 1123111093 GRAPH.pdf]
Preview
Text
07 NIM 1123111093 GRAPH.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM 1123111093 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
08 NIM 1123111093 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 09 NIM 1123111093 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
09 NIM 1123111093 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 10 NIM 1123111093 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10 NIM 1123111093 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 1123111093 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
14 NIM 1123111093 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 15 NIM 1123111093 BIBLIOGRAFHY.pdf]
Preview
Text
15 NIM 1123111093 BIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan bertanya siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran masih bersifat monoton dan berlangsung satu arah yaitu dari guru ke siswa. Banyak siswa takut untuk bertanya kepada guru dan guru cenderung mengajar dengan metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa dengan menggunakan strategi Probing Prompting Learning di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung T.A 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ﴾PTK﴿. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 101767 Tembung yang berjumlah 25 orang siswa. Sedangka objek dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi Probing Prompting. Pelaksanaan PTK dilakukan selama 2 bulan mulai Januari sampai Februari yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi. Teknikl analisis yang digunakan yaitu dengan mengetahui persentase tingkat keterampilan siswa.
Hasil observasi keterampilan bertanya awal siswa (prasiklus) dari 24 orang siswa, terdapat 21 orang (87,50%) kurang terampil dan 3 orang (12,5%) yang cukup terampil dengan nilai rata-rata 43,12. Berdasarkan pengamatan setelah diberikan tindakan dengan penggunaan strategi Probing Prompting, pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 68,12 dengan persentase 54,17% (13 orang) terampil bertanya dan 45,83% (11 orang) kurang terampil bertanya. Pada hasil observasi keterampilan bertanya siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 77,08 dengan persentase 83,3% (20 orang) terampil bertanya dan 16,67% (4 orang) kurang terampil dalam bertanya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Probing Prompting dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas IV SD Negeri 101767 Tembung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 004
Keywords: Ketrampilan Betanya; Pembelajaran Bahasa Indonesia;Strategi Probing Prompting
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Jul 2016 02:51
Last Modified: 19 Jul 2016 02:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6148

Actions (login required)

View Item
View Item