PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KUTACANE TAHUN AJARAN 2015/2016.

Makhrina, Elvi (2016) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KUTACANE TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 1113351020. COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 1113351020. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 1113351020. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 1113351020. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 1113351020. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 1113351020. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 1113351020. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 1113351020. BAB I.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 1113351020. BAB V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 1113351020. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh bimbingan kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kutacane Tahun Ajaran 2015/2016?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Kutacane yang berjumlah 10 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk diolah data tentang interaksi sosial siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Dari 46 item angket yang disebarkan ada 28 item yang valid dan 18 item yang tidak valid, yaitu soal no. 3, 6, 7, 10, 14, 16, 17, 20, 24, 30, 33, 34, 37, 40, 41, 42, 43, dan 44. Jadi soal yang diberikan terhadap 10 sampel berjumlah 28 item. Teknik analisis data mengunakan uji wilcoxon. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok diperoleh data pre-test interaksi sosial siswa rata-rata 59,5 dan rata-rata post-test interaksi sosial siswa adalah sebesar 79,8, dan terdapat peningkatan internal interaksi sosial siswa senilai 34,11%. Hal ini dapat dilihat Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n = 10, α = 0,05 pengujian dua arah J0,05 = 8. Oleh karena J(0) <J0,05 (8) maka Hipotesis Diterima. Ini berarti bahwa interaksi sosial siswa antara sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok tidaklah sama, dalam hal ini siswa yang telah mendapatkan pemberian layanan bimbingan kelompok memiliki peningkatan interaksi sosial yang lebih tinggi, artinya interaksi sosial siswa yang mendapatkan bimbingan kelompok lebih tinggi dari pada sebelum dilakukan bimbingan kelompok dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasrun, 195705141984031001
Call Number: SK-2016 BK 004
Keywords: Intraksi Sosial; Bimbingan Kelompok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Jul 2016 02:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6121

Actions (login required)

View Item View Item