UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE TANYA JAWAB DI TK PUTRI PARIMA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Jumiarsih, (2016) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE TANYA JAWAB DI TK PUTRI PARIMA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 PREFACE.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah : (1) aktivitas anak masih rendah, (2) guru kurang melakukan metode tanya jawab, (3) kurangnya kemampuan anak dalam berbahasa yang baik dan pasih, (4) anak masih malu-malu ketika ditanya tentang kegiatan yang dilakukan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun di TK Putri Pariama. Jenis penelitian ini yang digunakan penulis adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelas B yang berjumlah 20 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan penulis adalah lembar observasi. Tehnik analisis data menggunakan rumus Pi = f/n x 100%. Hasil analisis siklus I diperoleh data bahwa sebanyak 18 orang (90%) anak yang tergolong cukup 2 orang anak (10%) yang tergolong baik dengan rata-rata nilai 47,49%. Dari data hasil observasi tersebut sehingga perlu dilakukan pembelajaran melalui metode tanya jawab yang lebih baik pada siklus 2. Dari hasil analisis siklus 2 diperoleh hasil bahwa kemampuan bahasa anak meningkat yaitu bahwa jumlah anak yang kemampuan bahasa tergolong sangat baik bertambah menjadi 18 orang (87,45%) anak yang tergolong baik menjadi 20 orang (12,55%) dengan rata-rata 5,25%. Dari penelitian yang dilakukan pada siklus I dan siklus II diperoleh bahwa kemampuan bahasa anak pada siklus I rata-ratanya adalah 2,25 (37,49%) atau termasuk kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 5,25 (87,45%) atau termasuk kategori sangat baik, dengan peningkatan sebesar 0,39 (39,96%). Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode tanya jawab dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK PUTRI PARIAMA SUNGGAL Tahun Ajaran 2015-2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimaremare, Aman196107241987031002
Call Number: SK-2016 PAUD 021
Keywords: Kemampuan Berbahasa Anak; Metode Tanggung Jawab; PAUD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jul 2016 01:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6090

Actions (login required)

View Item View Item