MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN PERMAINAN FINGER PAINTING DI TK BUDI TAHUN AJARAN 2014-2015

Simbolon, Obet Debora (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN PERMAINAN FINGER PAINTING DI TK BUDI TAHUN AJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 PREFACE.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Budi Setia masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Finger Painting terhadap peningkatan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Budi Setia Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan Finger Painting dalam mningkatan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Budi Setia Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Budi Setia yang berjumlah 20 orang anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah tindakan sebagai penggunaan permainan Finger Painting untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Hasil Penelitian siklus I pada pertemuan 1 nilai rata-rata 3,85 dan pertemuan 2 dengan nilai rata-rata 4,5. Oleh karena itu, terdapat 2 orang anak 10%) tergolong baik, sebanyak 14 orang anak (35%) tergolong cukup, dan sebanyak 4 orang anak (20%) tergolong kurang. Hal ini berarti kegiatan permainan Finger Painting yang di terapkan pada siklus 1 dapat mengembangkan kemampuan keterampilan motorik halus anak namun masih kurang optimal, sebab masih terdapat 4 orang anak (20%) yang tergolong kurang, sehingga perlu dilakukan pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II dilakukan perbaikan pembelajaran dengan tetap mengunakan kegiatan permainan Finger Painting, Dengan hasil sebagai berikut anak yang tergolong sangat baik menjadi 4 orang (20%), dan anak yang tergolong baik menjadi 7 orang (35%), sedangkan anak yang tergolong cukup menjadi 9 orang (45%), dan anak yang tergolong kurang baik sudah tidak ada lagi. Dengan demikian permainan Finger Painting dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Budi Setia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPurba, Edward195208121976031003
Call Number: SK-2016 PAUD 012
Keywords: Keterampilan Motorik Halus; Permainan Finger Paintig
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Jul 2016 08:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6085

Actions (login required)

View Item View Item