PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BANGUNAN GEDUNG SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TGB SMK NEGERI 1 BALIGE T.A.2015/2016

Hutapea, Boima M. (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BANGUNAN GEDUNG SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TGB SMK NEGERI 1 BALIGE T.A.2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113111009 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113111009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113111009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113111009 TABLES.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113111009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113111009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5113111009 CHAPRTER V.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (Quasi eksperimen) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ilmu bangunan gedung di SMK Negeri 1 Balige Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Balige T.A. 2015/2016, dengan 2 kelas yaitu kelas eksperimen 28 siswa dan kelas kontrol 24 siswa. Pengambilan sampel dengan randomized sampling. Pada uji instrument yang dilaksanakan dari 35 soal yang disebarkan didapat soal yang valid sebanyak 29 dan 6 soal yang tidak valid. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol. Dalam penelitian ini, ditemukan pada hasil belajar siswa mengunakan model pembelajaran Group Investigation dengan rata-rata nilai 82,88 sedangkan hasil belajar kelas kontrol dengan nilai rata-rata 76,44. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran imu bangunan gedung siswa kelas X program keahlian TGB SMK Negeri 1 Balige

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorButarbutar, Ronald195711121981031007
Call Number: SK-2016 BAN 013
Keywords: Model Pembelajaran Group Investigation; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Jun 2016 07:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6025

Actions (login required)

View Item View Item