PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMPERBAIKI SISTEM KOPLING DAN KOMPONENNYA KELAS XI TKR SMK BUDI AGUNG MEDAN T.A. 2015/2016.

Anwar, Saipul (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMPERBAIKI SISTEM KOPLING DAN KOMPONENNYA KELAS XI TKR SMK BUDI AGUNG MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5103122035 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5103122035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5103122035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5103122035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5103122035 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5103122035 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5103122035 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5103122035 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5103122035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5103122035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5103122035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kompetensi memperbaiki sistem kopling dan komponennya pada siswa kelas XI Teknik Kendaran Ringan SMK Budi Agung Medan melalui model Pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar. Berdasarkan evaluasi hasil belajar pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan pada nilai rata-rata pretest siswa 50,67, lalu pada pelaksanaan posttest siklus I meningkat menjadi 79,33. Kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan model pembelajaran problem based learnig pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata posttest siswa, nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 89,0. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa siklus I sebanyak 19 orang siswa (63,33%) dinyatakan tuntas dan setelah dilakukan tindakan perbaikan siklus II sebanyak 25 orang siswa (83,33%) yang dinyatakan telah tuntas, sedangkan 5 orang siswa (16,67%) belum tuntas. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi Memperbaiki Sistem Kopling dan Komponennya Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKoto, Indra197702122003121004
Call Number: SK-2016 OTM 018
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Jun 2016 07:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5965

Actions (login required)

View Item View Item