PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGELASAN YANG DIAJAR DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRAKTIK TERBIMBING DAN DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 KISARAN.

Darma, Arfian (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGELASAN YANG DIAJAR DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRAKTIK TERBIMBING DAN DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 5111521001 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 5111521001 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 5111521001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 5111521001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 5111521001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 5111521001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 5111521001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 5111521001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 5111521001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 5111521001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 5111521001 TABLE.pdf]
Preview
Text
06. NIM 5111521001 TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 5111521001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07. NIM 5111521001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 5111521001 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM 5111521001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 5111521001 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
09. NIM 5111521001 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5111521001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5111521001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5111521001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5111521001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengelasan kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Praktik terbimbing dengan Direct instruction pada mata pelajaran pengelasan materi belajar teknik pengelasan dengan busur manual kelas XI-TPM. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Nopember 2015. Lokasi penelitian di SMK Negeri 2 Kisaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-TPM di SMK Negeri 2 Kisaran yang terdiri dari 2 kelas. Dengan teknik random sampling terpilih 2 kelas sebagai kelas Praktik terbimbing dan kelas Direct instruction dengan jumlah siswa keseluruhan sebanyak 66 siswa. Kelas Praktik terbimbing diberi perlakuan strategi pembelajaran Praktik terbimbing dan kelas Direct instruction diberi perlakuan strategi Pembelajaran direct instruction . Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes objektif dan observasi teknik pengelasan dengan busur manual.Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, Strategi pembelajaran Praktik terbimbing dan direct instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan nilai rata-rata 85,49 pada kelas Praktik terbimbing dan 82,85 pada kelas Direct instruction. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari kelompok yang homogen. Setelah dilakukan uji ‘t’ diperoleh nilai thitung sebesar 2,06 dan ttabel sebesar 1,67 atau thitung > ttabel. Dapat disimpulkan Ha diterima dan menolak Ho, menyatakan Hasil belajar pengelasan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran praktik terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran direct Instruction siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kisaran T.A 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MSN 017
Keywords: Strategi Pembelajaran Praktik Terbimbing; Strategi Pembelajaran Direct Instruction; Hasil Belajar; Pengelasan Dengan Busur Manual.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jun 2016 05:27
Last Modified: 21 Jun 2016 05:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5923

Actions (login required)

View Item
View Item