PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT MELALUI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMK GKPS 2 PEMATANGSIANTAR

Butarbutar, Romel (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT MELALUI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMK GKPS 2 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5103121031 COVER.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5103121031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5103121031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5103121031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5103121031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5103121031 TABLES.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5103121031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5103121031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5103121031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5103121031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5103121031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa pada standart kompetensi Teknik Pemesinan Bubut dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas XI SMK GKPS 2 Pematangsiantar yang berjumlah 33 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan Metode Mind Mapping sedangkan subjeknya adalah siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah penerapan metode mind mapping meningkat Dimana pada tes awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 50,60 % dan persentase ketuntasan klasikal hanya 27,27 %. Pada siklus I dengan penerapan Metode Mind Mapping diperoleh rata-rata kelas menjadi 58,48 % dan persentase ketuntasan klasikal 54,55 %. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari tes awal baik itu dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan klasikal siswa. Pada siklus II dengan penerapan Metode mind Mapping di peroleh peningkatan rata-rata kelas menjadi 71,66 % dan ketuntasan klasikal menjadi 81,81 %. Dengan demikian hasil penelitian membuktikan kebenaran hipotesis tindakan, bahwa Penerapan Metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Teknik Pemesinan Bubut pada siswa kelas XI Di SMK GKPS 2 Pematangsiantar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiman, 195501081980031007
Call Number: SK-2016 MSN 014
Keywords: Metode Mind Mapping; Peningkatan Hasil Belajar;Teknik Pemesinan Bubut.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Jun 2016 07:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5894

Actions (login required)

View Item View Item