PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL HELAJAR SISWA PADA MATERI MENGANALISIS HUKUM-HUKUM KELISTRIKAN DAN TEORI KELISTRIKAN KELAS X T.A 2015 DI SMK N 1 LUBUK PAKAM

Harahap, Syahputri Maharani (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL HELAJAR SISWA PADA MATERI MENGANALISIS HUKUM-HUKUM KELISTRIKAN DAN TEORI KELISTRIKAN KELAS X T.A 2015 DI SMK N 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5102131014 Cover.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5102131014 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5102131014 Abstract.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5102131014 Preface.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5102131014 Table Of Content.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5102131014 Ilustration.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5102131014 Tables.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5102131014 Appendices.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5102131014 Chapter I.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5102131014 Chapter V.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5102131014 Bibliography.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar teknik listrik pada materi menerapkan hokum- hokum kemagnetan pada rangkaian kelistrikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam pada semester dua tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 1 Program Keahlian Teknik KetenagaListrikan yang terbagi atas dua kelas. Secara acak kelas dibagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas listrik 1 mennjadi kelas eksperimen yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe tai dan kelas listrik2 menjadi kelas kontrol yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. Jumlah sampel tiap kelas sebanyak 36 dan 32 orang, jadi jumlah sampel seluruhnya sebanyak 68 orang. Perlakuan dilakukan selama 3 minggu atau sebanyak 3 kali pertemuan tatap muka untuk masing-masng kelas. Perlakuan yang diberikan berdasarkan pada Rencana Pelksanaan Pembelajaran yang telah disapkan ileh peneliti. Pada akhir pertemuan, keduan kelas diberi protest untuk elihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil test inilah dapat diketahui sejauh mana pengaruh yang terjadi padda siswa. Dari hasil analisis data dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Tai lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, dimana thitung > ttabel, yaitu 3,645 > 1,662. Dari perhitungan diperoleh sehingga diperoleh kesimpulan bahwa Hasil belajar Menganalisis Hukum-Hukum Kelistrikan dan Teori Kelistrikan yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Tai lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Pintauli195204211976032002
Call Number: SK-2016 ELK 035
Keywords: Strategi Pembelajaran; Teknik Listrik; Ekspositori
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Jun 2016 04:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5863

Actions (login required)

View Item View Item