PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2015/ 2016”.

Hutabarat, Geonardi Jeams (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2015/ 2016”. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5103131018 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5103131018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5103131018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5103131018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5103131018 TABLE OF CONTANT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5103131018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5103131018 TABLE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5103131018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5103131018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5103131018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5103131018 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik antara siswa yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement (STAD) dengan siswa yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, yang mana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang mengikuti kompetensi Dasar dan Pengukuran Listrik yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil seluruh sampel atau secara total sampling, yaitu kelas eksperimen (kelas yang menerapkan strategi pembelajaran Kooperatif tipe STAD adalah kelas X TITL-2 yang berjumlah 37 siswa serta kelas X TITL-1 menjadi kelas kontrol (kelas yang menerapkan strategi pembelajaran Ekspositori) yang berjumlah 35 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 72 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat perbedaan hasil belajar sub kompetensi, dimana hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik untuk kelas yang menerapkan strategi Pembelajaran Kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik untuk kelas yang menerapkan pembelajaran Ekspositori. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 18,91 dan rata-rata pada kelas kelompok ekspositori sebesar 16,43. Untuk menguji normalitas data digunakan uji lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas instrumen Dasar Dan Pengukuran Listrik dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe STAD diperoleh Lhitung sebesar 0,129dan Ltabel sebesar 0,145karena Lhitung<Ltabel atau 0,129<0,145, maka data instrumen pada kelas eksperimen pada kategori normal, uji normalitas instrument dasar dan pengukuran listrik dengan stategi pembelajaran ekspositori diperoleh Lhitung sebesar 0,098 dan Ltabel = 0,149karena Lhitung<Ltabel atau 0,098< 0,149, maka data instrumen pada kelas kontrol pada kategori normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik diperoleh Fhitung sebesar 1,156dan Ftabel 1,762karena Fhitung<Ftabelatau 1,156<1,176maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen. Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara strategi Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Dengan Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini terlihat dari nilai thitung =3,558yang lebih besar dari ttabel yaitu 1,669.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Nelson196005281986011002
Call Number: SK-2016 ELK 038
Keywords: Pengukuran Listrik; hasil Belajar; Strategi pembelajaran Ekspositori
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Jun 2016 02:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5849

Actions (login required)

View Item View Item