PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DALAM UPAYA PENINGKATAN MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TAV SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Marunduri, Fadli R (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DALAM UPAYA PENINGKATAN MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TAV SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5103131011 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5103131011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5103131011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5103131011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5103131011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5103131011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5103131011 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5103131011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5103131011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5103131011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5103131011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas X program keahlian teknik Audio video terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 30 orang. Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada siklus I diperoleh 11 soal yang valid dari 20 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 8 soal mudah dan 10 soal sedang, daya beda soal diperoleh 1 soal jelek, 13 soal cukup, baik 1 soal, uji realibilitas diperoleh 1,0 (sangat tinggi) dan pada siklus II 12 soal yang valid dari 20 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 5 soal mudah dan 15 soal sedang, daya beda soal diperoleh 1 soal jelek, 12 soal cukup, 2 soal baik, uji realibilitas diperoleh 1,0 (sangat tinggi). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pada siklus I terdiri dari satu kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan siklus I nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 69 meningkat menjadi 81 pada siklus II. Untuk nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 70 dan meningkat sebesar 15% menjadi 85 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Elektronika Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManullang, Jongga196802051992031002
Call Number: SK-2016 ELK 010
Keywords: Investigasi Kelompok; Elektronika ;Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Jun 2016 09:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5845

Actions (login required)

View Item View Item