HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR DASAR DESAIN SISWA KELAS X JURUSAN TATA BUSANA SMK NEGERI 8 MEDAN.

Silaban, Vera (2016) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR DASAR DESAIN SISWA KELAS X JURUSAN TATA BUSANA SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5103341039 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5103341039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5103341039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5103341039 PREFACE.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5103341039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5103341039 TABLES.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5103341039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5103341039 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5103341039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5103341039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5103341039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar Dasar Desain siswa kelas X jurusan Tata Busana SMK N Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat deskiptif korelasional. Terdapat dua variabel yang akan diteliti, yang menjadi variabel bebas adalah kemandirian belajar (X) sedangkan yang menjadi variabel terikat yaitu hasil belajar Dasar Desain (Y). Adapun mengumpulkan data dilakukan dengan dua cara, yaitu penyebaran angket dan pemberian test hasil belajar Dasar Desain. Hasil uji persyaratan analisis data diatas diperoleh bahwa data kemandirian belajar dan data hasil belajar dasar desain terdistribusi secara normal. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tingkat kemandirian siswa kelas X tata busana di SMK N 8 Medan berada pada tingkat kecenderungan cukup dan hasil analisis data penelitian hasil belajar dasar desain kelas X SMK N 8 Medan berada pada tingkat cukup. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar dasar desain pada siswa kelas X jurusan tata busana SMK N 8 Medan. Hal ini dibuktikan dari nilai rxy = 0.763 dan harga thitung > ttabel (12,150 > 1.983) sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar dasar desain siswa kelas X jurusan tata busana SMK N 8 Medan dapat diterima atau teruji kebenaranya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar dasar desain pada siswa kelas X jurusan tata busanaTata Busana SMK Negeri 8 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTampubolon, Hotmaria195805281984032003
Call Number: SK-2016 PKK 002
Keywords: Kemandirian; Hasil Belajar;Dasar Desain
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Jun 2016 08:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5706

Actions (login required)

View Item View Item