IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI BUKU AJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA PERHITUNGAN KIMIA

Harsyah, Fauziah (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI BUKU AJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA PERHITUNGAN KIMIA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa. (2) Perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dengan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa. (3) Hubungan karakter siswa terhadap hasil belajar kimia yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan. (4) Model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa. (5) Model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA kelas X Matematika Sains di Kabupaten Batubara pada semester genap Tahun Ajaran 2014/2015 yang diajarkan dengan materi kurikulum 2013. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 5 SMA di Batubara yang terdiri dari dua kelas setiap sekolahnya. Kelas eksperimen I diajar dengan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dan kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa di sekolah. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar dan lembar observasi karakter siswa. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan Compare Means- Independent Samples T- test program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk hipotesis pertama, kedua dan ketiga Ha diterima Sig.< α (0,000 < 0,05). Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai rata-rata gain 0,51 atau 51%, sehingga model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Data yang diperoleh menunjukkan hasil karakter dengan rata-rata tinggi, sehingga model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dapat menumbuhkembangkan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMahmud, 195802221989031002
Thesis advisorSudrajat, Ajat196406251990031003
Call Number: 540.071 2 Har i
Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran berbasis masalah; Buku ajar; Pendidikan karakter; Ilmu kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
L Education > LT Textbooks
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 May 2016 03:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5495

Actions (login required)

View Item View Item