IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI BUKU AJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA

Handayani, Tri Suci (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI BUKU AJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA sekolah. (2) Perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA sekolah. (3) Model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. (4) Model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter mulia siswa. (5) Hubungan antara nilai karakter mulia siswa dengan hasil belajar siswa. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposive sampling yang dijadikan sebagai kelas eksperimen 1 yang diajar menggunakan model pembelajaran koopertif berbasis masalah terintegrasi buku ajar yang telah dikembangkan dan kelas eksperimen 2 yang diajar menggunakan model pembelajaran koopertif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA . Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Data berdistribusi normal dan homogen. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan independent sample t-test dan uji korelasi. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan bantuan program SPSS 17.0. Hasil penelitian dan pengujian menunjukkan: (1) Ha1 diterima dengan Sig. (1-tailed) < α (0,012 < 0,05) (2) Ha2 diterima dengan Sig. (1-tailed) < α (0,00 < 0,05) (3) Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 1 (65%) lebih tinggi daripada Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 2 (55%) (4) Nilai karakter komunikatif, kreatifitas, tanggung jawab, toleransi dan rasa ingin tahu pada kelas eksperimen 1 lebih berkembang daripada kelas eksperimen 2. (5) Ha3 diterima dengan Sig. < α (0.015 <0.05) untuk karakter komunikatif, Sig. < α (0.003 <0.05) untuk karakter kreatifitas, Sig. < α (0.013 <0.05) untuk karakter tanggung jawab, sig <α (0.049 <0.05) untuk karakter toleransi dan Sig. < α (0.045 <0.05) untuk karakter rasa ingin tahu..

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSudrajat, Ajat196406251990031003
Thesis advisorMahmud, 195802221989031002
Call Number: 541.390 712 Han i
Keywords: Model pembelajaran; Buku ajar; Pendidikan karakter; Pengajaran kimia; Persamaan reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
L Education > LT Textbooks
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 May 2016 08:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5476

Actions (login required)

View Item View Item