Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Bakoban, Faizah Ibrahim (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8186171003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8186171003 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8186171003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8186171003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8186171003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8186171003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8186171003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8186171003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8186171003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8186171003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8186171003 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8186171003 TABLES.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8186171003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8186171003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8186171003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8186171003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (676kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8186171003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8186171003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8186171003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8186171003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan buku ajar digital dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi segiempat (persegi dan persegi panjang) yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa; 2) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan buku ajar digital berbasis pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi segiempat (persegi dan persegi panjang). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan subjek penelitian 15 orang siswa/i kelas VII-2 dan 15 orang siswa/i kelas VII-2 di SMP Negeri 13 Medan. Objek dalam penelitian ini adalah buku ajar digital dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi segiempat (persegi dan persegi panjang). Kevalidan buku ajar digital yang dikembangkan ditinjau dari analisis hasil validitas media pembelajaran oleh para validator dengan nilai rata-rata total sebesar 3,73 (kategori “Valid”). Sementara itu, kepraktisan buku ajar digital dilihat dari skor observasi keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba II yaitu sebesar 3,8 (kategori “Terlaksana dengan Baik”). Keefektifan buku ajar digital ditinjau dari aspek yaitu ketuntasan klasikal dan respon siswa. Ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah siswa pada uji coba II sebesar 86,67% (13 siswa). Rata-rata respon siswa pada uji coba II adalah 3,76 (kategori “Tertarik). Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa pada uji coba II terjadi peningkatan nilai dengan skor 0,23 (kriteria “rendah”) menjadi skor 0,35 (kriteria “sedang”).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 516. 514. 072 Bak p
Keywords: Pengembangan Buku Ajar Digital, Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:23
Last Modified: 05 Feb 2024 02:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54189

Actions (login required)

View Item
View Item