PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI MAN 3 MEDAN

Lubis, Windi Fadhila (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI MAN 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4182121018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4182121018 COVER.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4182121018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4182121018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4182121018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4182121018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4182121018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4182121018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4182121018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4182121018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4182121018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4182121018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4182121018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4182121018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4182121018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4182121018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa menggunakan model PBL (Problem Based Learning) berbantuan Edmodo pada materi dinamika dan keseimbangan benda tegar di MAN 3 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi
eksperiment dengan desain two group pretest-posttest. Instrumen hasil belajar berupa tes uraian yang berjumlah 10 soal yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen diperoleh 14,42 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol diperoleh 13,38. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen diperoleh 70,06 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol diperoleh 42,88. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan edmodo terhadap hasil belajar fisika di MAN 3 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 FIS 115
Keywords: Problem based learning; Edmodo; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 01 Feb 2024 06:58
Last Modified: 01 Feb 2024 06:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54128

Actions (login required)

View Item
View Item