PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XII

Harahap, Mutia Intan Saleha (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183321013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183321013 COVER.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183321013 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183321013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183321013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183321013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183321013 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183321013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183321013 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183321013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183321013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183321013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183321013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183321013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183321013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183321013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen tes dilihat dari validitas, reliabilitas, objektifitas, praktibilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran pada instrumen tes berbasis kemampuan pemecahan masalah yang telah dikembangkan. Jenin penelitian ini adalah pengembangan dengan model ADDIE yaitu Analysis (menganalisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan) dan Evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 percut Sei Tuan pada kelas XII IPA 3 dengan jumlah 10 siswa untuk kelompok kecil dan 40 siswa kelompok besar. Instrumen tes disusun dalam bentuk uraian mengacu pada indikator soal, dan aspek pemecahan masalah. Hasil dari validasi ahli bahwa 89% isntrumen tes berada dalam kategori sangat layak. Berdasarkan dari uji kelompok kecil bahwa terdapat 10 dari 15 soal yang dapat di uji coba di skala besar. Uji kelompok besar diperoleh 8 soal dalam kategori valid, nilai reliabilitas sebesar 0,8 dengan kategori reliabilitas tinggi. Objektifitas instrumen tes berada pada rentang nilai 17,50-63,33, praktibilitas instrumen tes dengan persentase 88% dengan kategori praktis, tingkat kesukaran butir soal berada pada rentang nilai 0,18-0,63 dan daya beda butir soal berada pada nilai 0,10-0,52. Dapat disimpulkan dari keseluruhan hasil pengujian bahwa instrumen tes berbasis kemampuan pemecahan masalah dengan jumlah 8 soal layak digunakan dan 2 soal ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 FIS 113
Keywords: Pemecahan masalah; Instrumen tes; Hukum ohm; Hambatan; Rangkaian seri; Rangkaian pararel; Energi listrik; Medan magnet; Gaya magnet
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2024 08:11
Last Modified: 31 Jan 2024 08:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54093

Actions (login required)

View Item
View Item