Peran Guru Dalam Mengembangkan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Swasta Buah Hati Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah

Mahara, Yulia Noni (2022) Peran Guru Dalam Mengembangkan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Swasta Buah Hati Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7183342023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7183342023 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7183342023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7183342023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7183342023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7183342023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7183342023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7183342023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7183342023 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7183342023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7183342023 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7183342023 TABLES.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7183342023 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7183342023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7183342023 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7183342023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7183342023 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7183342023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7183342023 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7183342023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7183342023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7183342023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam
mengembangkan sosial anak usia 5-6 tahun yang memiliki tuga empat komponen
yaitu peran guru sebagai model, peran guru sebagai pembimbing, peran guru
sebagai pelatih, peran guru sebagai penilai di TK Swasta Buah Hati Kecamatan
Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini ialah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif.
Subjek dalam penelitian ini adalah 2 guru kelas di TK Swasta Buah Hati. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Temuan hasil penelitian menunjukkan
bahwasannya Peran guru sebagai model dalam mengembangkan sosial anak 5-6
tahun guru mengaplikasikannya melalui pemberian contoh-contoh menggunakan
media berupa gambar atau cerita bergambar bahkan terkadang guru itu sendiri
yang menjadi modelnya/contohnya bagi anak didiknya. Peran guru sebagai
pembimbing dalam mengembangkan sosial anak 5-6 tahun dilakukan dengan cara
mengarahkan melalui metode bercakap-cakap kepada anak-anak secara langsung
dengan bahasa dan tutur kata yang lemah lembut. Peran guru sebagai pelatih
dalam mengembangkan sosial anak 5-6 tahun guru melakukan perannya dengan
cara menanamkan norma melalui pembiasaan-pembiasan dan/atau pelatihan terusmenerus.
Peran guru sebagai penilai dalam mengembangkan sosial anak 5-6 tahun
artinya guru berperan sebagai penilai/evaluasi yang dilakukan dengan cara menilai
norma yang ditampilkan anak menggunakan format penilaian ceklist dan catatan
anekdot disertai juga dengan beberapa kriteria-kriteria tertentu yang sesuai dengan
standar penilaian bagi anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peran Guru;Sosial Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 15 Mar 2024 04:10
Last Modified: 15 Mar 2024 04:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53741

Actions (login required)

View Item
View Item