PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI KELAS FULL DAY DI KELAS VII SMP SWASTA AL-ULUM MEDAN TA 2018/2019

Nasution, Khairunnisa and Nisa, Nadya Khairun (2020) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI KELAS FULL DAY DI KELAS VII SMP SWASTA AL-ULUM MEDAN TA 2018/2019. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap mata pelajaran Biologi Siswa full day kelas VII di SMP swasta Al-ulum Medan Tahun akademik
2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 (full-day) yang berjumlah 30 siswa dan kelas VII-5 (half-day) yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana sebagai pengujian hipotesis. Validitas data diperoleh melalui validitas dan reliabilitas. (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada pengaruh positif motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar mata pelajaran Biologi pada siswa di kelas VII-1 (full-day) SMP Swasta Al-Ulum Medan. Hal ini ditunjukkan oleh signifikansi hubungan yang dapat diketahui dari t hitung 2,352, di mana t hitung lebih besar dari t tabel 2,001. Semakin tinggi motivasi berprestasi siswa, semakin tinggi kemandirian belajar siswa dalam pelajaran Biologi. (2) Ada pengaruh positif motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar siswa Biologi di kelas VII-5 (setengah hari) Sekolah Menengah Swasta Al-Ulum di Medan. Hal ini ditunjukkan oleh signifikansi hubungan yang dapat diketahui dari thitung 2,381, di mana thitung lebih besar dari ttabel 2,001 untuk kelas VII-5 (setengah hari). Semakin tinggi motivasi berprestasi siswa, semakin tinggi kemandirian belajar siswa dalam pelajaran Biologi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Motivasi berprestasi; Kemandirian belajar; Pelajaran biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:38
Last Modified: 05 Jan 2024 04:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53693

Actions (login required)

View Item
View Item