PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP SOSIAL PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN SISWA KELAS XI SMAN 2 PEMATANGSIANTAR

Purba, Siska Oberlina (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP SOSIAL PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN SISWA KELAS XI SMAN 2 PEMATANGSIANTAR. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8136173014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8136173014 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8136173014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8136173014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8136173014 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8136173014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8136173014 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8136173014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8136173014 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8136173014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8136173014 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8136173014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8136173014 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8136173014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8136173014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8136173014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8136173014 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8136173014 BAB I.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8136173014 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8136173014 BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8136173014 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8136173014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis proyek, kooperatif tipe GI dan konvensional terhadap: (1) kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas XI SMAN 2 Pematangsiantar; (2) keterampilan berpikir kreatif kelas XI SMAN 2 Pematangsiantar; (3) sikap sosial kelas XI SMAN 2 Pematangsiantar. Penelitian quasi experiment ini menggunakan desain penelitian pretest and postest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 2 Pematangsiantar tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (cluster random sampling), sebanyak 3 kelas yakni kelas XI4 (PjBL), XI5 (GI) dan XI7 (Konvensional). Tiga instrumen tes digunakan dalam penelitian ini: (1) tes kemampuan berpikir tingkat tinggi; (2) daftar isian keterampilan berpikir kreatif; (3) angket sikap sosial. Uji persyaratan menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan homogen. Hipotesis diuji dengan menggunakan teknik Analisis Kovariat (Anacova) dan Analisis Varians satu jalur (One Way Anova) serta uji Tukey dengan bantuan program SPSS 19.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran berbasis proyek, kooperatif tipe GI dan konvensional terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas XI SMAN 2 Pematangsiantar. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis proyek berbeda secara signifikan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe GI (P=0,001) dan konvensional (P=0,000); (2) terdapat pengaruh strategi pembelajaran berbasis proyek, kooperatif tipe GI dan konvensional terhadap keterampilan berpikir kreatif kelas XI SMAN 2 Pematangsiantar. Keterampilan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis proyek tidak berbeda secara signifikan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe GI (P=0,196) tetapi berbeda secara signifikan dengan strategi pembelajaran konvensional (P=0,000); (3) terdapat pengaruh strategi pembelajaran berbasis proyek, kooperatif tipe GI dan konvensional terhadap sikap sosial kelas XI SMAN 2 Pematangsiantar. Sikap sosial siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis proyek tidak berbeda secara signifikan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe GI (P=0,124) tetapi berbeda secara signifikan dengan pembelajaran konvensional (P=0,000). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis proyek nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan berpikir kreatif dan sikap sosial lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe GI dan konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 573.307 12 Pur p
Keywords: Pembelajaran biologi; Strategi pembelajaran; Berpikir kreatif; Sikap sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 May 2016 02:54
Last Modified: 23 May 2016 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5362

Actions (login required)

View Item
View Item