EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP SWASTA BAKTI MULIA ONANRUNGGU T.P 2022/2023

Samosir, Unedo (2022) EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP SWASTA BAKTI MULIA ONANRUNGGU T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4153111062 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4153111062 COVER.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 2.  NIM 4153111062 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4153111062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4153111062 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4153111062 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4153111062 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4153111062 PREFACE.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4153111062 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4153111062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4153111062 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4153111062 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4153111062 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4153111062 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4153111062 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4153111062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII SMP Swasta Bakti Mulia Onanrunggu. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Bakti Mulia Onanrunggu dengan sampel siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket, observasi dan instrumen tes
kemampuan pemahaman konsep. Analisis data diuji menggunakan uji beda rata-rata (uji t) dengan α = 5% dan dk = 28 + 30 -2 = 56, ketuntasan belajar minimum, aktivitas kelas, dan respon siswa . Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa pendekatan Realistic Mathematic Education efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan t hitung lebih besar dari t tabel

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 018
Keywords: Matematika realistik; Pemahaman konsep; Persamaan linear dua variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 Nov 2023 08:39
Last Modified: 29 Nov 2023 08:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53606

Actions (login required)

View Item
View Item