PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMPN 2 PANCUR BATU

Zakeus, Sahril (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMPN 2 PANCUR BATU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173311089 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173311089 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173311089 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173311089 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 417333089 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 417333089 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173311089 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173311089 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173311089 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173311089 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173311089 BAB 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173311089 BAB 1.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173311089 BAB 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173311089 BAB 5.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173311089 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173311089 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian berikut yakni mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning di SMPN 2 Pancur Batu. Jenis penelitian berikut yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditandai dengan adanya tindakan yang bertujuan agar meningkatkan proses belajar mengajar pada kelas. Adapun subjek pada penelitian berikut yakni siswa kelas VIII-5 yang berjumlah sebanyak 32 orang. Berdasarkan hasil penelitian, sebanyak 31 dari 34 siswa memenuhi ketuntasan kemampuan komunikasi matematis pada siklus II (91.19%), meningkat pesat dibandingkan dengan pada siklus I yang hanya sebanyak 9 dari 34 siswa (26.47%). Penambahan tingkat nilai rata-rata tes melalui siklus I menuju siklus II senilai 90.24%, yakni dari 40.196 ke 76.47. Terdapat lebih dari 80% siswa yang mencapai ketuntasan minimal pada kategori cukup pada siklus II, yaitu sebesar 91.19%. Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan LKPD yang dikembangkan termasuk kategori baik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 077
Keywords: Problem based learning; Lembar kerja peserta didik; Bangun ruang sisi datar; Luas permukaan; Volume
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Nov 2023 08:26
Last Modified: 07 Dec 2023 04:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53590

Actions (login required)

View Item
View Item