UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN CONSTRUCT 2 DI SMPN 8 PERCUT SEI TUAN

Ihsan, Muhammad Arya (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN CONSTRUCT 2 DI SMPN 8 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183311024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183311024 COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183311024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183311024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183311024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183311024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183311024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183311024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183311024 TABLE  OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183311024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183311024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183311024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183311024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183311024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183311024 BIBIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183311024 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran Construct 2 di kelas IX-1 SMPN 8 Percut Sei Tuan pada materi Transformasi Geometri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 28 orang siswa kelas IX-1 SMPN 8 Percut Sei Tuan. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengukur dan mengamati
kegiatan yang terjadi selama kegiatan pembelajaran. Hasil tes kemampuan awal menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ialah 22,21 termasuk kategori kemampuan Sangat Kurang. Persentase ketuntasan
klasikal yang diperoleh ialah 13,33%. Pada siklus I, hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ialah 63,89 termasuk kategori kemampuan Cukup. Persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh ialah
42,86%. Pada siklus II, hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ialah 83,73 termasuk kategori kemampuan Baik. Persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh ialah 85,71%. Selain itu, proses pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media pembelajaran Construct 2 juga mengalami peningkatan. Dari hasil observasi, diperoleh bahwa nilai rata-rata proses pembelajaran siklus I ialah 2,79 termasuk kategori Baik, dan nilai rata-rata proses pembelajaran siklus II ialah 3,46 termasuk kategori Sangat Baik. Dengan adanya peningkatan tersebut, disimpulkan bahwa
dengan diterapkannya model problem based learning berbantuan media pembelajaran Construct 2 maka terjadi peningkatan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI-1 di SMPN 8 Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 071
Keywords: Pemecahan masalah matematika; Problem based learning; Construct 2; Geometri; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Nov 2023 08:00
Last Modified: 07 Dec 2023 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53578

Actions (login required)

View Item
View Item