PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SERBAJADI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Putri, Irma Amelia (2022) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SERBAJADI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183111049 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183111049 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183111049 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183111049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183111049 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183111049 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183111049 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183111049 PREFACE.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183111049 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183111049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183111049 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183111049 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183111049 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183111049 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183111049 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183111049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas siswa kelas VII – 4 SMP Negeri 1 Serbajadi yang berjumlah 32 orang dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual pada materi pokok himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara
kolaborasi antara guru dengan peneliti. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan kreativitas matematis. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, terjadi peningkatan kemampuan kreativitas mateamtis siswa yang diperoleh setelah diterapkan model pembelajaran kontekstual, terlihat dari jumlah siswa yang memiliki kemampuan kreativitas minimal pada kriteria baik sebesar 0% pada tes awal dengan nilai ratarata kelas 41,99 meningkat menjadi 40,63% pada siklus I dengan nilai rata – rata 60,93 dan meningkat menjadi 90,63% pada siklus II dengan nilai rata – rata 91,79. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan kreativitas siswa pada materi himpunan di kelas VII-4 SMP Negeri 1 Serbajadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 010
Keywords: Pembelajaran kontekstual; Kreativitas; Himpunan; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:27
Last Modified: 15 Nov 2023 07:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53569

Actions (login required)

View Item
View Item