PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE KOMPUTASI PADA SUB POKOK BAHASAN HALOALKANA DI SMA

Marwan, Anastasia Gayatri (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE KOMPUTASI PADA SUB POKOK BAHASAN HALOALKANA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183331028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183331028 COVER.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183331028 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183331028 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183331028 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183331028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183331028 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183331028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183331028 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183331028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183331028 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183331028 BAB I.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183331028 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183331028 BAB V.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183331028 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183331028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis perhitungan kimia komputasi pada materi pokok bahasan haloalkana. Secara khusus, penelitian ini untuk menentukan validasi media yang dikembangkan dan respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Penelitan ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada tahapan ADDIE. Penelitian ini menggunakan instrument non tes, instrument non tes yang digunakan berupa Lembar Validasi yang telah memenuhi standar BSNP oleh validator dan Lembar Angket respon siswa. Hasil kelayakan validasi menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran animasi menggunakan metode komputasi dan disajikan dengan menggunakan Macromedia Flash. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata penilaian validator ahli media pada kelayakan isi sebesar 88,25%, kelayakan penyajian yaitu 87,5%, kelayakan bahasa yaitu 88,25%, aspek kontekstual yaitu 88,75%. Persentase penilaian media rata-rata pada aspek pengaruh terhadap strategi yaitu 95%, aspek rekayasa perangkat lunak yaitu 92,5% dan aspek tampilan visual dan audio yaitu 85%. Hasil presentase rata rata respon siswa pada media pembelajaran yang dikembangkan sebesar 92,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 059
Keywords: Kimia komputasi; Software NWChem; Haloalkana; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:21
Last Modified: 06 Oct 2023 07:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53423

Actions (login required)

View Item
View Item