PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA KELAS XI SMA

Elisa (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 409111025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 409111025 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 409111025 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 409111025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 409111025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 409111025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 409111025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 409111025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 409111025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 409111025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 409111025 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 409111025 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 409111025 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 409111025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 409111025 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 409111025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 409111025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 409111025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 409111025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 409111025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 409111025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 409111025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan aturan sinus dan kosinus di kelas XI IPA SMA Swasta Tamansiswa Kisaran tahun ajaran 2015/2016.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Swasta Tamansiswa Kisaran yang berjumlah 18 orang dan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis matematik siswa pada pokok bahasan aturan sinus dan kosinus dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi atas 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, siswa diberikan tes awal dan di setiap akhir siklus diberikan tes berpikir kritis. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa pada pokok bahasan aturan sinus dan kosinus di kelas XI IPA mulai dari tes awal sampai tes berpikir kritis. Banyak siswa yang mencapai keberhasilan dari tes awal tidak ada. Kemudian di siklus I diperoleh 7 siswa yang mencapai keberhasilan belajar (38,89 %) dari 18 orang siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 50,00 % atau menjadi 88,89 %. Diperoleh 16 siswa dari 18 orang siswa mencapai keberhasilan belajar. Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam kategori yang diharapkan yaitu sedang dan tinggi. Dari hasil observasi siklus I dan II diperoleh bahwa pembelajaran dalam kategori baik. Berdasarkan indikator keberhasilan penelitian maka pembelajaran ini dikatakan berhasil.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik siswa kelas XI IPA SMA Swasta Tamansiswa Kisaran khususnya pada materi aturan sinus dan kosinus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 011
Keywords: Pembelajaran Matematka; Teorema Pythagoras; Aturan Sinus dan Aturan Kosinus; Sigitiga Siku-siku
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 May 2016 18:14
Last Modified: 12 May 2016 18:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5213

Actions (login required)

View Item
View Item