UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TOKEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 060852 KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN

Nasution, Yusriani (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TOKEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 060852 KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. cover depan.pdf]
Preview
Text
1. cover depan.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 2.Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2.Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa yang masih rendah, aktivitas dalam pembelajaran dikelas masih berpusat pada guru bukan pada murid sebagaimana seharusnya dan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang mendukung aktivitas siswa yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif time token meningkatkan hasil belajar IPS dan aktivitas siswa kelas V SD Negeri 060852 Kecamatan Medan Perjuangan yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatanaktivitas belajar siswa yaitu persentase siswa yang aktif belajar pada siklus I (31,2%), siklus II siswa yang aktif( 53,1%), dan pada siklus III sebesar (93,8%). Sedangkan hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar (53%), serta mengalami peningkatan pada siklus II (78%), dan ketuntasan belajar pada siklus III (91%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS dan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe time token.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.83 Nas u
Keywords: Pembelajaran kontruktivisme; Pembelajaran kooperatif; Aktivitas belajar; Hasil belajar; Ilmu pengetahuan sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 May 2016 20:07
Last Modified: 10 May 2016 20:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5181

Actions (login required)

View Item
View Item