PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA MELALUI METODE PRAKTIKUM BERBASIS KOLABORASI DI KELAS IV-B SD SWASTA PLUS PELANGI MEDAN T.A 2014/2015

Wulandari, Rizka (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA MELALUI METODE PRAKTIKUM BERBASIS KOLABORASI DI KELAS IV-B SD SWASTA PLUS PELANGI MEDAN T.A 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 8126181019 COVER TESIS.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 8126181019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 8126181019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 8126181019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 8126181019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 8126181019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 NIM 8126181919 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 NIM 8126181019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas IPA siswa kelas IV-B SD Swasta Plus Pelangi Medan melalui praktikum berbasis kolaborasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas IV-B SD Swasta Plus Pelangi Medan berjumlah 21 orang. Data diperoleh dengan metode observasi, tes dan lembar kerja siswa. Data diolah dengan teknik deskriptif. Dari analisis data yang diperoleh pada siklus I siswa yang dinyatakan tuntas sebesar 10 siswa (26.3%) dan tidak tuntas sebesar 28 siswa (73.7%). Siswa yang dikategorikan kurang kreatif sebanyak 6 siswa (15.8%), cukup kreatif sebanyak 8 siswa (21.1%), kreatif sebanyak 23 siswa (60.5%) serta sangat kreatif sebanyak 1 siswa (2.6%). Sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II dengan perbaikan tindakan. Dan pada siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sebesar 30 siswa (79%) dan tidak tuntas sebesar 8 siswa (21%). Siswa yang dikategorikan kurang kreatif 1 siswa (2.6%), cukup kreatif 7 siswa (18.4%), kreatif 25 siswa (65.8%) serta siswa yang dikategorikan sangat kreatif sebanyak 5 siswa (13.2%).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar IPA siswa materi wujud benda melalui metode praktikum berbasis kolaborasi pada siswa kelas IV-B SD Swasta Plus Pelangi Medan. Saran dari peneliti adalah metode praktikum berbasis kolaborasi perlu diterapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Call Number: 372.35 Wul p
Keywords: Hasil belajar; Kreativitas; Mata pelajaran IPA; Praktikum berbasis kolaboratif; Wujud benda
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 May 2016 17:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5159

Actions (login required)

View Item View Item